Gambaran Umum Buta Warna, Gejala dan Pengobatannya

Bertentangan dengan namanya, sebenarnya ada cukup sedikit orang yang menderita buta warna yang biasanya tidak melihat warna sama sekali. Jarang sekali orang buta warna hanya memiliki kemampuan untuk melihat abu-abu, hitam dan putih. Sebagian besar orang yang buta warna hanya akan dicegah untuk melihat nuansa warna tertentu atau akan menyadari warna tertentu sebagai warna yang salah. Contoh paling umum dari hal ini adalah seseorang yang salah mengira biru dengan hijau atau sebaliknya. Orang lain mungkin hanya melihat nuansa tertentu dari warna biru tetapi dengan sempurna melihat semua nuansa merah. Ini bervariasi dari satu orang ke orang berikutnya.

Banyak orang yang buta warna telah mewarisi ini dan itu ada sejak lahir meskipun mungkin tidak dikenali sampai beberapa waktu kemudian. Jika ini benar-benar skenarionya, masalahnya tidak akan pernah bisa gejala degenerasi makula diperbaiki. Namun demikian, banyak orang dapat belajar bagaimana hidup secara efektif dengan gangguan penglihatan ini. Pekerjaan sekolah mungkin jauh lebih rumit untuk anak-anak dan orang dewasa mungkin dibatasi dalam pengejaran bisnis mereka.

Dalam beberapa kasus, seringkali merupakan hasil akhir dari masalah lain pada mata seperti glaukoma atau katarak. Selama situasi ini, jika masalah mendasar telah diperbaiki, penglihatan warna biasa biasanya dapat dipulihkan pada saat yang bersamaan.

Ini terjadi ketika ada masalah dengan tiga jenis sel kerucut di makula yang menyaring warna merah, hijau dan biru. Jika sel kerucut Anda kurang, orang tersebut tidak akan melihat bayangan itu dengan cara apa pun. Jika ada sesuatu yang rusak di dalam sel kerucut, orang tersebut mungkin hanya melihat warna tertentu dari warna itu atau mungkin menafsirkan bayangan itu sebagai warna yang berbeda, misalnya biru dan hijau yang membingungkan.

Itu tidak akan menjadi semakin buruk seiring waktu. Itu memang membutuhkan modifikasi gaya hidup karena klinik mata di jakarta tidak dapat diperbaiki. Banyak orang yang buta warna harus belajar beradaptasi dengan berbagai teknik lain seperti menghafal urutan warna pada lampu lalu lintas.

Meskipun beradaptasi dengan kondisi mata ini bisa membuat frustrasi, itu seharusnya tidak menjadi penyakit mata yang melemahkan. Kebanyakan orang mampu beradaptasi dengan perbedaan dalam bagaimana warna dipersepsikan tanpa masalah. Seiring waktu, mereka yang buta warna dapat menikmati kualitas hidup yang sama dengan mereka yang memiliki penglihatan normal dengan belajar dan menerima adaptasi sebagai bagian dari gaya hidup.