Panel Monitor Gaming Face-Off: IPS Versus VA

Ketika datang ke monitor gaming terbaik yang tersedia di pasar, berbagai ukuran, resolusi, kecepatan refresh, waktu respons, FreeSync versus G-Sync dan tipe panel yang memusingkan dapat membuat keputusan pembelian menjadi sulit. Tugas kami adalah membuat proses pembelian menjadi lebih mudah bagi Anda, jadi dalam artikel ini, kita akan melihat dua jenis panel populer yang digunakan pada monitor gaming terbaik saat ini: IPS dan VA, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di monitor gaming samsung odyssey ark curved anehnya menjadi vertikal.

Sebagai permulaan, kita harus menyelami gambaran singkat tentang teknologi layar IPS dan VA sebelum melanjutkan dengan perbandingan. IPS, atau in-plane switching, adalah jenis panel layar kristal cair (LCD) di mana kristal cair disejajarkan secara paralel. Mereka populer di monitor komputer, televisi, dan perangkat seluler saat ini (yaitu, ponsel cerdas dan tablet). Panel IPS terkenal karena sudut pandang dan representasi warna yang sangat baik (dibandingkan dengan panel TN yang lebih lama ), membuatnya cocok untuk banyak skenario penggunaan, termasuk bermain game dan pekerjaan kantor.

VA singkatan dari keselarasan vertikal, di mana kristal cair disejajarkan secara vertikal, tegak lurus terhadap permukaan substrat. Akibatnya, panel ini cenderung memiliki sudut pandang yang lebih besar daripada panel TN (tetapi lebih rendah dari IPS) dan rasio kontras yang sangat baik dan unggul dalam memberikan tingkat detail yang luar biasa dalam adegan game (atau film), jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Tapi apa yang membuat yang satu lebih baik dari yang lain? Apakah ada kategori di mana panel IPS memiliki keunggulan dibandingkan VA dan sebaliknya? Mari kita lihat lebih dekat.

Waktu merespon

Waktu respons piksel mengacu pada seberapa cepat monitor dapat beralih dari satu warna ke warna lain (biasanya hitam ke putih atau abu-abu ke abu-abu) dan diukur dalam milidetik. Tapi apa artinya waktu respons yang rendah bagi para gamer di dunia nyata? Waktu respons yang lebih rendah akan menghasilkan lebih sedikit keburaman gerakan dan memungkinkan gambar yang lebih jelas dengan adegan yang bergerak cepat dalam game. Dari keduanya, panel IPS cenderung memiliki waktu respons yang lebih rendah, biasanya pada 1 hingga 3 ms untuk panel tercepat (beberapa bahkan mencapai 0,5 ms).

Di sisi lain, banyak Gaming Monitors dengan panel VA diiklankan dengan nilai 4ms atau lebih rendah (GTG) untuk monitor gaming. Faktanya, kami telah melihat beberapa monitor VA berspesifikasi serendah 1ms GTG dengan overdrive. Namun, waktu respons yang lebih rendah itu dapat menyebabkan bayangan terbalik, meninggalkan artefak terang di belakang objek yang bergerak cepat di layar.

Tingkat Penyegaran

Refresh rate mengacu pada seberapa sering layar Anda dapat menampilkan gambar per detik dan diukur dalam hertz (Hz). Jadi, jika Anda memiliki monitor seperti Gigabyte Aorus FI25F dengan kecepatan refresh 240 Hz, itu menyegarkan gambar 240 kali per detik. Namun, untuk mencapai 240 Hz atau tanda air tinggi 360 Hz, Anda tidak hanya bergantung pada monitor Anda. 

Sebagian besar monitor gaming memiliki kecepatan refresh minimum 120 Hz dan meningkat dari sana. Umumnya, semakin tinggi angkanya, semakin baik kinerja yang akan Anda lihat dengan gambar yang lebih halus. Namun, Anda juga memerlukan salah satu kartu grafis terbaik untuk bermain game yang mampu menghasilkan piksel dengan kecepatan yang cukup cepat untuk mengimbanginya.

Panel IPS dapat diperoleh dari standar 60 Hz hingga 360 Hz pada panel 1080p tercepat (seperti Asus ROG Swift PG259QN). Untuk waktu yang lama, panel IPS 4K macet pada maksimum 144Hz. Namun, itu berubah baru-baru ini dengan diperkenalkannya ViewSonic Elite XG320U, yang melakukan overclock hingga 150Hz (dengan mengorbankan Adaptive-Sync).

Panel VA terbaik dapat mencapai 240 Hz, dan Samsung Odyssey Neo G8 yang belum dirilis bahkan dapat mencapai 240 Hz pada 4K menggunakan Display Stream Compression (DSC). 

Rasio Kontras

Ketika berbicara tentang rasio kontras statis (yang mengacu pada rasio pencahayaan antara hitam dan putih yang dihasilkan oleh layar), panel IPS terbaik cenderung berada di sekitar tanda 1.000:1. Misalnya, untuk tampilan dengan rasio kontras 1.000:1, gambar putih akan muncul 1.000 kali lebih terang daripada gambar hitam pada monitor tertentu. Semakin tinggi rasio kontras, semakin baik, karena Anda akan menemukan warna hitam yang lebih dalam (bukan hitam yang terlihat abu-abu atau pudar) dan lebih banyak detail dalam gambar karena peningkatan detail skala abu-abu.

Meskipun panel IPS maupun VA tidak dapat menandingi rasio kontras “tak terbatas” dari panel OLED baru, VA memang lebih unggul. Panel VA yang baik dapat menunjukkan rasio kontras statis 2.000:1 hingga 3.000:1. Namun, panel terbaik dapat memutar angka tersebut hingga 4.000:1 dan lebih tinggi (misalnya, AOC C32G2ZE dapat mencapai 4.000:1). Keuntungan yang dimiliki panel VA dibandingkan IPS dalam rasio kontras bahkan lebih menonjol di ruangan yang gelap, di mana “IPS glow” bisa menjadi masalah serius.

Melihat Sudut

Sebagian besar panel IPS menampilkan sudut pandang horizontal/vertikal hingga 178 derajat. Ini berarti jika Anda melihat konten di luar bagian tengah, tidak ada banyak perubahan warna atau penurunan kualitas gambar yang dramatis hingga Anda mencapai tepi ekstrem dari sudut pandang. 

Sementara panel VA telah membuat langkah besar selama bertahun-tahun dalam sudut pandang, mereka masih belum sepenuhnya setara dengan panel IPS. Panel VA biasanya sedikit lebih lemah sehubungan dengan perubahan warna/kontras saat melihat konten di luar pusat. Namun, untuk gamer yang cenderung duduk di tengah-tengah di depan layar dan tidak bergerak di sepanjang sudut pandang optimal monitor, ini mungkin bukan masalah.

Reproduksi Warna

Panel IPS, secara umum, memiliki kinerja gamut warna yang lebih baik, menghasilkan warna yang lebih kaya untuk game Anda. Sebagian besar monitor IPS dapat mencapai persentase gamut warna DCI-P3 dan sRGB yang lebih tinggi. Skor gamut warna yang lebih tinggi umumnya menghasilkan akurasi yang lebih besar dan representasi warna yang lebih hidup. 

Kami juga harus menyebutkan bahwa kinerja warna yang superior dan gamut layar IPS yang lebih lebar tidak hanya membuatnya cocok untuk bermain game, tetapi akurasinya membuatnya sangat cocok untuk aplikasi profesional yang kritis terhadap warna.

Panel VA sedikit di belakang kurva pada akurasi warna dibandingkan dengan IPS, tetapi untuk skenario game biasa, panel ini sangat cocok untuk pekerjaan itu. Mereka terutama bersinar ketika datang ke bayangan dan menyorot detail dalam game, dan membuat pilihan yang baik saat Anda menonton film di waktu senggang karena warna hitam yang lebih dalam. Tetapi ketika Anda mempertimbangkan keuntungan yang dimiliki panel VA dengan rasio kontras dan tingkat hitam versus kinerja warna yang lebih akurat dari panel IPS untuk bermain game, itu sedikit banyak tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Intinya

Meskipun kelihatannya IPS adalah pemenang berdasarkan keunggulan teknisnya, itu tidak mudah. Ketika kita berbicara tentang hal-hal seperti seberapa responsif monitor atau tampilannya di mata, sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi. Anda mungkin lebih suka VA daripada IPS berdasarkan tidak hanya preferensi game Anda, tetapi juga aplikasi produktivitas saat tiba waktunya untuk menyelesaikan pekerjaan.